Bali |nusantara jaya news – Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) yang merupakan sub-unit di bawah Unit Induk Distribusi PT PLN yang bertugas mengatur pendistribusian tenaga listrik hingga sampai ke pelanggan, dipastikan oleh Manager UP2D Bali, Petrus Irwan Ichwansaputra, layanan untuk tegangan listrik ke pelanggan tetap dalam kwalitas yang standar dan terkontrol dengan baik.
UP2D memanfaatkan teknologi kendali jarak jauh dalam operasionalnya, sehingga memungkinkan pemantauan dan pengaturan pendistribusian listrik secara cepat sehingga gangguan bisa diatasi lebih cepat.
“Dengan kecepatan, jika ada gangguan atau peralatan di jaringan yang rusak yang sering terjadi kami bisa langsung mengetahui karena punya perangkat untuk monitor dimana aliran listrik itu terganggu,”jelas Petrus Irwan Ichwansaputra saat hadir di acara media gathering Bersama awak media yang digelar di Warung Mina Denpasar, Kamis (6/2/2025).
Lebih lanjut dikatakannya, UP2D yang berlokasi di jalan Diponegoro Denpasar ini mengelola pasokan listrik untuk Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) agar dapat melayani pelanggan dengan baik. Energi yang dikelola berasal dari sistem transmisi yang kemudian disalurkan ke jaringan distribusi.
Terkait efisiensi, Irwan mengaku efisiensi lebih ke internal bagaimana menyalurkan energi listrik ke pelanggan secara merata, dengan mengutamakan penggunaan sumber energy terbarukan yang telah tersedia.
“Bagaimana kami mengupayakan pembangkit listrik yang sudah green energy (ramah lingkungan) di maksimalkan lebih dulu. ini menjadi strategi kami untuk mendukung transisi energi berkelanjutan dan ada beberapa lokasi di Bali yakni nusa penida dan Bali Timur,”imbuhnya.
Ia menambahkan, dengan Inovasi dan efisiensi yang lebih dominan UP2D membuka layanan yang sebesar besarnya untuk pelanggan dengan terus berupaya memastikan pasokan listrik tetap stabil dan aman.(tik).