banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130
Berita  

Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Hadirkan 41 UMKM Binaan di Surabaya, Target 12 Ribu Pengunjung di Smexpo 2025

banner 2500x130 banner 2500x130 banner 1000x130

SURABAYA |Nusantara Jaya News – Sebagai bentuk komitmen mendukung pemberdayaan ekonomi lokal, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menampilkan sebanyak 41 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan dalam ajang Small and Medium Enterprises Expo (Smexpo) 2025 di Royal Plaza Surabaya. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat hingga Minggu (10–13 Oktober 2025), dan menargetkan hingga 12 ribu pengunjung.

Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi, menyampaikan bahwa Smexpo tahun ini menjadi istimewa karena untuk pertama kalinya digelar dengan konsep roadshow ke berbagai kota besar di Indonesia.

banner 300x250

“Tahun ini merupakan tahun kelima Smexpo digelar, dan untuk pertama kalinya kami hadir dengan format roadshow. Setelah pekan lalu di Yogyakarta, minggu ini kami di Surabaya, lalu berlanjut ke Palembang, Bandung, dan puncaknya di Jakarta dengan gelaran nasional,” jelas Ahad, Jumat (10/10/2025).

Sebanyak 41 UMKM dari berbagai kategori, mulai dari kerajinan, fesyen, kuliner, hingga produk inovatif, turut ambil bagian dalam pameran tersebut. Pihaknya menargetkan antusiasme tinggi dari masyarakat Surabaya, sejalan dengan reputasi kota ini sebagai barometer perekonomian Jawa Timur.

“Surabaya kami pilih karena menjadi tolok ukur perekonomian wilayah Jawa. Dengan menghadirkan produk-produk unggulan di tempat strategis seperti ini, kami berharap masyarakat semakin mengenal dan mencintai produk lokal binaan Pertamina,” ujar Ahad.

Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus saat ini telah memiliki lebih dari 8.900 mitra UMKM binaan di berbagai sektor. Melalui program pembinaan dan pendampingan berkelanjutan, Pertamina berupaya mendorong agar para pelaku usaha kecil dapat naik kelas dan memiliki daya saing nasional maupun global.

Namun, Ahad mengakui bahwa masih ada tantangan besar dalam pengembangan UMKM, terutama pada aspek pencocokan dengan investor.
“Yang paling menantang bagi UMKM unggulan yang sudah lama berjalan adalah menemukan investor yang cocok atau bisa ‘matching’ dengan kebutuhan mereka. Ini masih menjadi pekerjaan rumah terbesar kami,” tandasnya.

Melalui Smexpo 2025, Pertamina berharap tercipta sinergi antara pelaku UMKM, konsumen, dan investor, sekaligus memperkuat peran Pertamina sebagai mitra strategis dalam pengembangan ekonomi masyarakat berbasis keberlanjutan dan kemandirian.(Red)

banner 1000x130
https://nusantarajayanews.id/wp-content/uploads/2025/05/IMG-20250528-WA0005-e1748427094351.jpg
banner 1000x130 banner 2500x130