banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000

DPRD Jatim Pertanyakan Kelanjutan Kerjasama Sister Province Dengan Australia Barat

banner 2500x130 banner 1000x130

JATIM |nusantarajayanews.id – Kendati Gubernur dan DPRD Jatim sudah menyepakati kerjasama sister province dengan negara bagian Australia Barat melalui rapat paripurna DPRD Jatim pada 9 November 2022. Namun sejumlah anggota DPRD Jatim masih khawatir kerjasama tersebut akan berakhir di tengah jalan bahkan pihaknya berharap hubungan kerjasama sister Province ini tidak terganggu dengan situasi tersebut.

Pasalnya, hubungan bilateral antara Indonesia dengan Australia tengah memanas dipicu klaim Autralia atas  Pulau Pasir atau Asmhore dan Cartier yang menurut riwayat pulau tersebut masih termasuk wilayah Indonesia karena hanya berjarak sekitar 110 km (68 mil) selatan Pulau Rote Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

banner 1000x130

“Klaim Autralia terhadap Pulau Pasir itu bisa memperburuk hubungan Indonesia dengan Australia. Oleh karena itu kerjasama sister province Jawa Timur dengan Australia Barat perlu ditanggapi serius oleh Pemprov Jatim apakah perlu dilanjut atau tidak,” kata Samwil yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim saat dikonfirmasi, Selasa (15/11/2022).

Diakui Samwil, kerjasama sister province yang berlangsung sejak tahun 1990 itu memang memiliki keuntungan bagi Jawa Timur sehingga terus berupaya untuk diperpanjang setelah habis pada tahun 2022 ini. “Namun kebijakan provinsi juga harus sejalan dengan kebijakan negara, sehingga untung ruginya perlu dipikirkan,” ungkap pria asli Pulau Bawean Gresik ini.

Sebagaimana diketahui bersama, sebelum kerjasama sister province ini diperpanjang, Wakil Perdana Menteri Australia Barat Roger Cook berkunjung ke Jatim akhir Mei 2022 untuk melihat potensi-potensi yang dimiliki Jatim untuk dikerjasamakan. Program-program andalan Jatim yang diperkenalkan itu diantaranya Millenial Job Center (MJC), East Java Super Coridor (EJSC), Center for Future of Work di KEK Singhasari untuk pengembangan vocasi.

Selain itu juga pembentukan Westrn Australia – East Java University Consortium (WAEJUC) yang didalamnya termasuk pengembangan bidang vokasi melibatkan 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jatim dengan 5 Universitas di Australia Barat. Kesepuluh PTN di Jatim itu terdiri dari ITS, Unair, UB, Unej, Unesa, UIN Malik Ibrahim Malang, Universitas Trunojoyo Madura (UTM), UPN Surabaya, UIN Sunan Ampel Surabaya dan Universitas Negeri Malang (UNM).

Sedangkan lima universitas di Australia Barat diantaranya The University of Westrn Australia, Murdoch University dan University of Notre Dame. (red)

banner 1000x130
banner 970x250 banner 1000x130
banner 1000x130