banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130

Gandeng Dinas Pemadam SDM 4 Surabaya Gelar Edukasi Simulasi Kebakaran

banner 2500x130

Surabaya |nusantarajayanews.id – Sekolah Teladan Nasional SD Muhammadiyah 4 (Mudipat) Pucang Surabaya menggelar edukasi dan simulasi terkait penanggulangan kebakaran saat mudik lebaran kepada para siswa, tenaga securiti dan OB. Kegiatan ini menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, Senin (10/4/2023).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari layanan masyarakat berupa proteksi dan pengendalian kebakaran. Selama kegiatan, para siswa, sekuriti, dan OB diberi pemahaman terkait manfaat dan bahaya tentang api.

banner 1000x130

Komandan Regu Tiga Pos Pembantu Menur Surabaya Achmad Rizal memaparkan, proteksi yang dimaksud adalah pencegahan kebakaran serta mengendalikan alat-alat pemadam kebakaran melalui sosialisasi dan edukasi, kali ini menyasar ke anak-anak.

“Kegiatan proteksi itu rutin, biasanya sekolah yang datang ke kantor kami. Namun, kali ini kita diundang untuk memberikan materi di sekolah. Kami bersyukur karena masih ada lembaga pendidikan yang peduli akan pentingnya proteksi dan pencegahan kebakaran,” terangnya.

Selain itu, kata Achmad Rizal, para siswa dikenalkan tentang teknik memadamkan api sejak dini serta bagaimana meminta pertolongan saat dalam kedaruratan.

“Kami juga melakukan simulasi pemadaman dan pertolongan. Paling tidak mereka memiliki gambaran bagaimana proteksi dan pencegahan kebakaran,” ungkapnya.

Achmad Rizal menambahkan, anak-anak dikenalkan dengan peralatan yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran saat bertugas. Misalnya, pakaian saat proses pemadaman api dan alat-alat pemadam kebakaran.

“Anak-anak juga perlu mengetahui peralatan yang biasa digunakan untuk memadamkan api, seperti alat pemadam api ringan (apar), pasir, dan karung goni,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya Edy Susanto, M.Pd. menjelaskan, oleh karena sebentar lagi liburan Idul Fitri pihak sekolah memberikan pendidikan kepada para siswa, tenaga securiti, dan OB bagaimana cara mengantisipasi terjadinya kebakaran baik disekolah, dirumah, maupun dimanapun berada.

“Kami juga melibatkan tim pemadam kebakaran Pemkot Surabaya untuk memberikan edukasi kepada anak-anak cara memadamkan kebakaran sehingga tidak menimbulkan korban, serta dapat memadamkan kebakaran kecil sedini mungkin,” pungkasnya. (red)

banner 325x300
banner 1000x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1000x130
id_IDIndonesian
Powered by TranslatePress