banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130
Pemkab  

Sinergikan Rencana Pembangunan Daerah 2024, Bupati Sampang Hadiri Musrenbang Provinsi Jatim

banner 1500x130

SURABAYA |nusantarajayanews.id – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 bersama kepala daera se-Jawa Timur di Shangri-La Hotels and Resorts, Surabaya pada Kamis (13/4/2023).

Turut Hadir Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Gubernur Jawa Timur, Wakil Gubernur Jawa Timur, WakilKetua DPRD Jatim, Inspektur Jendral Kemendagri, Staff Ahli Pembangunan dan Pembangunan Bappenas, Dirjen Kemenkeu, Forkopimda Provinsi Jatim serta dan sejumlah undangan dari berbagai daerah.

banner 1000x130

Sebelumnya, setiap Kabupaten/Kota telah melakukan Musrenbang mulai 7 maret sampai 30 maret 2023 untuk menentukan rencana kerja tahun 2024, kemudian dilanjutkan pada musrenbang tingkat provinsi agar dapat disinergikan.

Penyusunan RKPD dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan untuk mewujudkan sinergitas antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan serta mewujudkan efisiensi pembangunan.

Tahun 2024 RKPD Provinsi Jawa Timur mengusung tema, “Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Transformasi Ekonomi Inklusif menuju Masyarakat Jawa Timur yang adil, sejahtera, unggul dan berakhlak”. Tema tersebut seirama dengan hasil Musrenbang Kabupaten Sampang Tahun 2024 yang mengusung empat isu strategis.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengungkapkan empat isu strategis tersebut yang pertama, Pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing; kedua, pengentasan kemiskinan, pemantapan pemulihan ekonomi dan infrastruktur wilayah dalam mewujudkan kemandirian daerah dan perdesaan.

Ketiga, penguatan tata kelola pemerintahan daerah dan desa yang transparan, akuntabel dan berorientasi pada pelayanan publik dan keempat harmonisasi kehidupan bermasyarakat.

“Banyak hal yang sudah kita lakukan, namun kedepan kita ingin lebih banyak lagi kemajuan di Kabupaten Sampang, ” ujar H. Slamet Junaidi.

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan Musrenbang Provinsi Jatim tahun 2024 ini diselenggarakan dengan tujuan menyelaraskan program prioritas provinsi dengan hasil musrenbang kabupaten/kota se-Jawa Timur untuk kemudian diselaraskan dengan musrenbangnas.

Selain itu musrenbang akan mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan prioritas serta bentuk kesepakatan prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan.

“Ini adalah forum dimana kita bersama-sama membangun sinergitas dan kolaborasi mulai dari perencanaan, polapikir dan dibreakdown dalam RKPD serta didetailkan dalam rapbd 2024,” ungkap Gubernur Khofifah. (red)

banner 325x300
banner 1000x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1000x130