banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130

Gubernur Khofifah Salurkan Bantuan Usaha Z Chicken untuk 30 Mustahik di Kabupaten Probolinggo

banner 1500x130

Probolinggo |nusantarajayanews.id  – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Baznas Jatim  menyalurkan bantuan berupa program bantuan usaha Z Chicken senilai Rp 9 juta di Kabupaten Probolinggo, Senin (17/4/2023). Program tersebut diterima oleh 30 orang mustahik yang akan menjalankan usaha Z Chicken.

Gubernur Khofifah berharap penerima bantuan program Z Chicken bisa menambah sumber pendapatannya seiring dengan bimbingan dan pendampingan oleh tim Baznas di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten.

banner 1000x130

“Apa yang muzakki percayakan kepada baznas, kita maksimalkan untuk mentasarrufkan kepada yatim/piatu termasuk dengan pemberian zakat produktif kepada pelaku usaha ultra mikro,” terangnya.

Program Z Chicken ini merupakan program bantuan usaha dari Baznas Jatim. Penerima bantuan diberikan gerobak, bahan baku usaha, serta pelatihan untuk membuat produk Z Chicken. Setelah usahanya berjalan, Baznas Jatim juga akan memberikan pendampingan secara berkala hingga penerima bantuan bisa mandiri.

“Jadi mereka akan dilatih bagaimana cara memasaknya serta bahan baku yang sama agar sesuai dengan standar rasa dan kualitasnya,” tambahnya.

Di wilayah lain, zakat produktif juga disalurkan berupa uang tunai sebesar Rp 500.000. Bantuan tersebut ditujukan agar pelaku usaha ultra mikro tidak terjerat hutang rentenir untuk modal usahanya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga kembali berbagi ceria bersama anak-anak yatim piatu. Bersama Plt. Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dan Ketua Baznas Jatim M. Roziqi, Gubernur Khofifah menyerahkan santunan kepada 500 anak yatim / piatu berupa uang tunai dan paket tas sekolah.

Selain itu, Gubernur Khofifah juga membagikan Al Qur’an kepada masing-masing yatim/piatu dan penerima bantuan Program Z Chicken. Dengan diberikannya hadiah berupa Al Qur’an tersebut diharapkan bisa menjadi pemacu semangat dan motivasi untuk mengaji.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah tak lupa untuk memberi motivasi dan wejangan kepada anak-anak yatim/piatu agar tetap semangat belajar dan mengaji. Karena dengan giat belajar dan mengaji, mereka akan bisa meraih cita-cita yang diimpikan.

“Gantungkanlah cita-cita kalian setinggi langit, karena bila terjatuh akan jatuh di antara bintang-bintang,” ujar Gubernur Khofifah memotivasi anak-anak yatim/piatu.

Riuh keceriaan anak-anak yatim/piatu di Pendopo Kabupaten Probolinggo tersebut semakin semarak ketika Gubernur Khofifah mengajak mereka bersholawat bersama. Sholawat yang dilantunkan oleh Gubernur Khofifah diikuti oleh anak-anak dengan semangat.

Ada momen haru yang tercipta kala Gubernur Khofifah bersholawat bersama anak-anak yatim/piatu. Momen itu terjadi ketika Gubernur Khofifah mengajak salah seorang anak disabilitas untuk menemaninya bersholawat di depan panggung. Namanya Icha, ia seorang siswa SD kelas 2 yang memiliki keterbatasan penglihatan.

“Sholawat apa saja yang hafal?” tanya Gubernur Khofifah kepadanya.

“Sholawat Ashygil bu,” jawab Icha.

“Subhanallah, ayo bersama-sama,” ajak Gubernur Khofifah besholawat Ashygil.

Icha tidak hanya hafal, namun juga berhasil melantunkan Sholawat Ashygil dengan merdu. Sempat terlihat mata Gubernur Khofifah berkaca-kaca mendengar sholawat yang dilantunkan Icha.

Sementara itu, Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko mengungkapkan, sejatinya Kabupaten Probolinggo tidak masuk daftar safari ramadhan pemberian santunan anak yatim/piatu yang telah disusun oleh Baznas Jatim, namun pada akhirnya Gubernur Khofifah berkenan hadir berbagi keceriaan bersama anak yatim/piatu dan mustahik di Kabupaten Probolinggo.

“Tentu ini adalah berkah bagi Kabupaten Probolinggo. Saya lihat tadi betapa cerianya anak-anak menyambut Ibu Gubernur,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa kehadiran Gubernur Khofifah di Probolinggo diharapkan mampu membawa barokah dan menambah semangat.

“Karena di Kabupaten Probolinggo ini masih bahyak yang harus diperbaiki. Terima kasih atas kehadiran Ibu Gubernur,” ucapnya.

Di sisi lain, Ketua Baznas Jatim M. Roziqi mengatakan, ini merupakan Safari Ramadhan Gubernur Khofifah yang ke 11. Mengingat hari lebaran sudah bisa dihitung dengan jari, Safari Ramadhan ini hanya dilakukan sebanyak 12 kabupaten/kota.

“Dari 12 kabupaten/kota total anak yatim/piatu yang mendapat santunan mencapai sebanyak 10.000,” ujarnya.

Roziqi mengajak anak-anak yatim/piatu dan para muzakki yang hadir untuk bersama-sama mendoakan agar Gubernur Khofifah dan para pemimpin daerah agar tetap mendapat keberkahan dari Allah SWT.

“Serta semoga Ibu Gubernur selalu sehat, mengingat mobilitasnya yang luar biasa tinggi meski di Bulan Ramadhan ini,” ujarnya. (red)

banner 325x300
banner 1000x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1000x130