banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130

RSUD Dr. Soetomo Surabaya Siagakan 1.100 Nakes On Call Selama Liburan Lebaran

banner 2500x130

Surabaya |nusantarajayanews.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya menyiagakan sebanyak 1.100 tenaga kesehatan (nakes) on call selama libur lebaran Idulfitri 1444 H atau tahun 2023.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Dr. Soetomo Dr Joni Wahyuadi yang dilansir dari suarasurabaya menyatakan, kesiapan itu dilakukan seiring dengan jumlah hari libur lebaran yang lebih panjang dari tahun sebelumnya.

banner 1000x130

“Karena libur lebarannya tujuh hari, jadi kita siapkan akomodasi dan yang kedua, sistemnya ada yang jaga sehari-hari seperti sekarang, kemudian ada jadwal on call. Jadwal on call itu kalau terjadi eskalasi pasien, kita dipanggil, semua sudah ada nomor teleponnya,” ucapnya saat berada di Kantor Direksi RSUD Dr. Soetomo Surabaya pada Senin (17/4/2023).

Sedangkan untuk nakes on site, ia juga menyatakan bahwa seluruhnya juga siap untuk bertugas di hari libur lebaran nanti.

“Pasti ada sehari-hari, misalkan on site di bidang bedah, setiap departemen ada sendiri jaga satunya, jaga duanya, jadi setiap departemen itu paling tidak ada tiga, paling sedikit itu. Kita punya 26 departemen, kemudian perawatan juga ada shift pagi, shift siang, shift malam, 12 orangnya, jadi cukup banyak, itu di UGD saja. Jadi saya kira cukup siap,” jelasnya.

Dengan upaya itu, kata dia, saat terjadi eskalasi pasien maka dengan mudah pihak rumah sakit membantu permasalahan yang ada.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu telah menyiapkan penanganan berbagai macam kasus, bukan hanya kasus kecelakaan tetapi juga penyakit perut.

“Mempelajari kasus yang lalu, yang banyak adalah kasus penyakit perut, terkait makan. Kita siapkan penanganan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, dan juga luka-luka kecelakaan,” jelasnya.

Sementara untuk kamar operasi, ia memastikan jika RSUD Dr. Soetomo saat ini juga telah menyiapkan sebanyak lima kamar operasi.

“Memang lima operate di UGD, tapi apabila diperlukan kita bisa buka 22 kamar operasi di belakang, jadi cukup. Tenaga kalau kurang tinggal manggil. Jadi InsyaAllah kita siap,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berharap, arus perjalanan mudik dan libur lebaran di Hari Raya Idulftri tahun 2023 dapat berjalan dengan lancar.

“Saya berdoa, tidak ada eskalasi pasien dan tidak ada kecelakaan massal,” pungkasnya. (red)

banner 325x300
banner 1000x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1000x130
id_IDIndonesian
Powered by TranslatePress