banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130
PLN  

Gandeng KLHK, PLN NP Lakukan Aksi Pelestarian Lingkungan

banner 1500x130

Probolinggo |nusantarajayanews.id – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia,  PLN Nusantara Power (PLN NP) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  menggelar beragam aksi pelestarian lingkungan di unit-unit pembangkitnya.

Salah satunya melalui aksi bersih pantai atau yang biasa dikenal dengan coastal clean up (CCU) di Pantai Grinting, Probolinggo pada Sabtu (10/6/2023).

banner 1000x130

Direktur Operasi Pembangkit Batu Bara PLN NP, Rachmanoe Indarto mengatakan, CCU merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diinisiasi KLHK dan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini merupakan bukti komitmen perusahaan terhadap kepedulian lingkungan khususnya terkait pengendalian sampah pesisir.

Kegiatan di Pantai Grinting melibatkan seluruh pemangku kepentingan dengan total peserta mencapai 350 peserta antara lain; Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Muspika Kecamatan Paiton, Sekolah Adiwiyata, komunitas pemerhati lingkungan dan masyarakat, serta manajemen dan karyawan PLN Nusantara Power.

Pada momen ini tidak hanya  dilakukan aksi bersih pantai, namun dilakukan juga penanaman 500 bibit cemara laut dan 500 bibit mangrove, serta transplantasi terumbu karang sebanyak 1000 fragmen karang. Aksi bersih pantai ini diharapkan tidak hanya sebatas aksi sesaat saja, namun menjadi momentum yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dan kepedulian bersama untuk melestarikan lingkungan wilayah pesisir sehingga manfaatnya dapat kembali ke masyarakat.

Mengusung tema Hari Lingkungan Hidup (HLH) Beat Plastic Pollution, PLN NP terus menggelar berbagai aksi pelestarian lingkungan melalui beragam aksi di lingkungan bisnisnya. Di internal perusahaan, beberapa unit pembangkit juga mengadakan lomba yang kreatif guna mendukung HLH tahun 2023. Hingga akhir Juni ini direncanakan akan ditanam pohon di berbagai lokasi dengan jumlah puluhan ribu.

Rachmanoe Indarto menyampaikan, komitmen dan fokus perusahaan dalam upaya membangun Indonesia menjadi lebih hijau. Disampaikan bahwa sejatinya dalam seluruh rangkaian kegiatan HLH ini PLN NP telah menggandeng pemangku kepentingan untuk turut serta bersama sama menciptakan kontribusi positif bagi negeri.

“Seperti yang bisa kita lihat hari ini, PLN NP mengajak seluruh elemen mulai dari masyarakat, pemerintah, hingga pengusaha untuk bergerak membenahi lingkungan di sekitar kita. Melalui CCU ini kami harapkan kebersihan dan kelestarian di Pantai Grinting akan terus terjaga” ucap Rachmanoe. (Red)

 

banner 325x300
banner 1000x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1000x130