banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130
Polri  

Hadapi El Nino, Khofifah Perintahkan Seluruh Daerah Siapkan Mitigasi

banner 2500x130

Surabaya |nusantarajayanews.id,: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta seluruh daerah di Jatim, menyiapkan langkah mitigasi guna menghadapi menghadapi El Nino. Selain itu, Khofifah menginstruksikan pemkot dan pemkab mengecek pompa air hingga normalisasi sungai.

“Dalam rangka menghadapi El Nino sekaligus potensi banjir. Kita harus terus meningkatkan kehati-hatian dan mitigasi harus dilakukan lebih komprehensif,” kata Khofifah, Rabu, 27 September 2023.

banner 1000x130

Khofifah menjelaskan salah satu langkah mitigasi, yaitu dengan mengecek kondisi bendungan di masing-masing wilayah. Ini penting karena beberapa kasus banjir yang terjadi di Jatim disebabkan adanya tumpukan sampah di beberapa bendungan.

“Sehingga ketika ada arus air besar, maka air tidak bisa mengalir dengan baik. Maka yang harus dilakukan adalah gotong royong, kerja bakti, sinergi dan antisipasi bersama,” ujar Khofifah.

Khofifah juga meminta pemkot mengecek rumah pompa. Bahkan, ia sudah beberapa kali mengecek langsung kondisi rumah pompa, baik yang dalam koordinasi pemprov maupun pemkab/kota.

Dalam rumah pompa jangan sampai ada listrik yang tidak mengalir, sehingga ketika dilakukan proses pengaturan air tidak berfungsi. Dan bisa berdampak pada terjadinya banjir,” ujarnya.

Hal penting lainnya adalah normalisasi sungai agar bisa menampung debit air yang lebih besar dan optimal. Mengingat masyarakat masih banyak yang membuang sampah rumah tangga di sungai, seperti kasur, sofa, dan televisi sehingga aliran sungai tidak lancar.

“Kami pernah diinfo Pak Kepala BNPB untuk segera melakukan normalisasi di tiga sungai di Jatim. Ketika kami cek bersama kepadatannya luar biasa, untuk membersihkannya pun tidak bisa manual harus menggunakan long hand excavator. Dis itu banyak ditemukan potongan kayu yang panjangnya sampai 6 meter, TV, juga sofa dan lain sebagainya,” kata dia.

Oleh karena itu, Khofifah memerintahkan semua pihak termasuk para bupati/wali kota di Jatim agar menyiapkan langkah mitigasi, preventif dan respons cepat. Utamanya dalam menghadapi El Nino sekaligus potensi banjir, karena berdasarkan BMKG pada minggu kedua atau ketiga November mendatang, sudah mulai terjadi hujan dengan intensitas cukup.

“Saya minta tolong siapkan mitigasi bersama, karena banyak sungai-sungai yang memang mungkin ada sampah yang menumpuk. Itu antisipasi kita terhadap ancaman banjir,” tegasnya.(red)

banner 325x300
banner 1000x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1000x130
id_IDIndonesian
Powered by TranslatePress