banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130

Kakanwil Kemenkumham Jatim Ingatkan Notaris Untuk Menjunjung Tinggi Profesionalisme Dan Kode Etik Yang Berlaku

banner 2500x130

MALANG |nusantarajayanews.id –  Sebagai bentuk kewajiban Kanwil Kemenkumham Jatim memberikan pembinaan kepada notaris yang berada di Wilayah Jawa Timur, digelar Sosialisasi Layanan Kenotariatan bertema “Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme (TPPT) melalui Pemanfaatan Jasa Notaris” pada Rabu (27/09) di Harris Hotel dan Convention Malang.

Kegiatan dibuka oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono yang didampingi Kadiv Administrasi Saefur Rochim beserta Ka.UPT Korwil Malang. Hadir juga Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Notaris (INI) Jatim,.

banner 1000x130

Dalam sambutannya Kakanwil menegaskan para notaris harus makin profesional, capabel dan menjunjung tinggi kode etik, bukan hanya mengejar keuntungan semata. “Tentu menjadi harapan kita bersama, bahwa dalam menerapkan profesionalisme, notaris harus menjunjung tinggi idealisme, integritas dan kode etik yang berlaku.”tegasnya.

Notaris sebagai pejabat yang diberikan kewenangan untuk membuat Akta otentik, diharapkan mampu melakukan pendeteksian dini terhadap pengguna jasanya.

Kakanwil juga menghimbau kepada Notaris agar berhati-hati, cermat dan teliti dalam melaksanakan tugas sebagai pejabat umum pembuat akta otentik terlebih dalam era yang semakin kompleks ini, ancaman terorisme dan kejahatan pendanaan terorisme menjadi semakin serius.

“Kita sebagai lembaga pemerintah, bersama dengan notaris yang memiliki peran sentral dalam proses legal dan administratif, memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan bahwa jasa notaris digunakan dengan bijak dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” urainya.

Pentingnya kolaborasi antara Kanwil Kemenkumham, Pengurus Wilayah INI Jatim, maupun Majelis Pengawas Notaris dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas Notaris di Jawa Timur dengan mengedepankan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa dan pelaporan transaksi yang mencurigakan.

Heni berharap seluruh pihak yang terkait untuk bersatu menguatkan kerjasama sehingga dapat memastikan bahwa Tindak Pidana Pendanaan Terorisme tidak memiliki celah di dalam masyarakat. “Saya yakin, dengan semangat kolaborasi dan komitmen bersama, kita dapat menjadikan masyarakat lebih aman dan terlindungi.”

Dengan tekad tersebut, ia berharap semua notaris terbiasa melaksanakan tugas jabatannya dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dan memegang teguh aturan yang berlaku. Karena peran notaris sangat penting dalam membantu menciptakan kepastian dan perlindungan hukum bagi masyarakat. “Notaris berada dalam ranah pencegahan (preventif) terjadinya masalah hukum melalui akta otentik yang dibuatnya,” tutupnya. (Red)

banner 325x300
banner 1000x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1000x130
id_IDIndonesian
Powered by TranslatePress