banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000
Pemkab  

https://www.hallojatimnews.com/2023/11/28/pemkab-sidoarjo-pecahkan-rekor-muri-literasi-digital/

banner 2500x130 banner 1000x130

Sidoarjo |nusantarajayanews.id – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai penggerek literasi digital unggahan video melalui YouTube terbanyak.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor mendukung dan mengapresiasi para guru dan siswa untuk menuangkan kreativitas wawasan lewat literasi digital.

banner 1000x130

“Saya bangga dan mengapresiasi peran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo yang mampu menggerakkan dari semula seribu guru dan seribu siswa menjadi naik dua kali lipat dua ribu guru dua ribu siswa berperan aktif dalam menuangkan kreativitas melalui konten literasi digital,” ucapnya usai acara Festival Literasi Sidoarjo Tahun 2023 di Mall Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo pada Selasa (28/11/2023).

Ning Sasha, sapaannya, yang sekaligus juga Bunda PAUD Kabupaten Sidoarjo itu menambahkan bahwa teknologi digital saat ini telah berkembang pesat, namun Pemkab Sidoarjo mampu mengikuti zaman dan terus berbenah dengan cara memanfaatkan teknologi digital dalam hal yang positif.

“Saat ini sangat minim sekali konten-konten yang mendidik, dan pada MURI ini Sidoarjo memiliki siswa-siswi dan guru-guru yang menjadi pelopor dan berkarya melalui literasi dengan memanfaatkan gawai/gadget,” tutunya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Tirto Adi mengatakan dalam mewujudkan literasi digital ini pihaknya memberdayakan siswa dan juga guru di kabupaten setempat.

“Kami berdayakan siswa dan guru tentang literasi digital itu pilarnya seperti apa, bagaimana teknik foto dan video yang kemudian di create menjadi karya serta diunggah di kanal YouTube. Namun, sebelum karya tersebut diunggah, terlebih dahulu dikoreksi oleh tim kami, sehingga video YouTube dinas pendidikan memiliki nilai edukasi,” katanya.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan rekor MURI tersebut sebenarnya dibutuhkan sebanyak dua ribu konten literasi digital. Namun dalam praktiknya hari ini tercatat sebanyak 4.784 konten literasi digital dari hasil karya 19.765 guru, dan siswa yang berasal dari 180 lembaga jenjang PAUD dan 577 lembaga jenjang SD/MI/SMP/MTs.

“Ini yang luar biasa dan sudah diunggah ke YouTube sehingga dapat MURI dengan kategori penggerek literasi digital unggahan video melalui YouTube terbanyak,” ujarnya.

Ia menjelaskan, literasi digital yang diunggah di akun YouTube tersebut tercatat sejak Januari 2023 sampai dengan hari ini.

“Dengan demikian anak-anak dan guru bisa membuat sendiri sehingga arahnya jelas, misi jelas, nilai edukatif jelas,” ujarnya. (Red)

banner 1000x130
banner 970x250 banner 1000x130
banner 1000x130