banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000

Webinar ASN Belajar Jangkau 1,5 Juta, Pj Gubernur Adhy : Komitmen Pemprov Jatim Hasilkan ASN Unggul Berkualitas

banner 2500x130 banner 1000x130

Surabaya |nusantarajayanews.id – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengapresiasi antusiasme peserta webinar Aparatur Sipil Negara (ASN) Belajar yang digelar oleh CorpU SDG’s Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur. Sampai saat ini, webinar tersebut telah menjangkau sebanyak 1.529.584 peserta dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan data peserta dari multiplatform baik yang tergabung melalui aplikasi Zoom Meeting maupun YouTube BPSDM Jatim, Pj. Gubernur Adhy menjelaskan bahwa di tahun 2022 Webinar ASN Belajar memproduksi 49 seri dengan jangkauan 401.482 ASN. Kemudian di sepanjang tahun 2023 webinar ASN Belajar memproduksi 44 seri dengan penonton yang meningkat lebih dari dua kali lipat mencapai 949.080 ASN.

banner 1000x130

“Terbukti tahun 2023 pesertanya meningkat signifikan, artinya memang program ini sangat baik dan mendapatkan atensi positif dari ASN di seluruh Indonesia,” ujarnya di Gedung Negara Grahadi, Kamis (22/2/2024).

Khusus tahun 2024 ini, lanjut Adhy, Webinar ASN belajar telah menghasilkan 7 seri dengan penonton mencapai 179.022 selama periode Januari – Februari. Ia pun optimistis sampai akhir tahun penonton program ini akan semakin meningkat dengan syarat konten-konten video yang dibuat juga semakin menarik dan sesuai dengan kebutuhan ASN saat ini.”Tentu ini harus didukung dengan materi-materi yang relevan, isu-isu yang membahas tantangan-tantangan ASN ke depan,” katanya.

Program ASN Belajar ini, menurut Pj. Gubernur Adhy, adalah bentuk komitmen Pemprov Jatim dalam mendukung terbentuknya ASN yang unggul dan berkualitas. Karena di dalamnya, terdapat banyak materi yang bermanfaat untuk bekal ASN saat menjalankan tugasnya.”Saya rasa ini adalah program yang sangat baik bagi ASN, mereka tetap dapat meningkatkan kompetensinya disamping menjalankan kerja-kerja profesional yang harus dilakukan,” katanya.

Pj. Gubernur Adhy menambahkan, Jawa Timur memang sangat concern dalam upaya mengembangkan kompetensi ASN. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang diterima BPSDM Jatim sebagai Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Berprestasi Terbaik I dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI tiga kali berturut – turut.”Webinar ASN belajar ini salah satu wadah untuk mewujudkan ASN unggul dan berkualitas,” tegasnya.

Pj. Gubernur Jatim ini juga mengatakan bahwa di kepemimpinan Gubernur Jatim Periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa sangat menaruh perhatian dalam pengembangan kompetensi SDM ASN di Jawa Timur. Ia menyebut Khofifah terus mendorong adanya proyek perubahan dan inovasi. “Ibu Khofifah menyampaikan untuk bisa menghadapi tantangan masa depan maka setiap ASN harus memiliki kompetensi yang mumpuni dan juga adaptif,” katanya.

Karena dengan beradaptasi para ASN akan memberikan layanan kepada masyarakat sesuai jargon Provinsi Jawa Timur, yakni cepat, efektif, efisien, tanggap, transparan, akuntabel, dan responsif atau yang dikenal dengan sebutan CETTAR.Selain itu, Adhy menyampaikan bahwa untuk mengembangkan kompetensi ASN, BPSDM Jatim juga memiliki program ‘Dahar Ngopi’ yang merupakan akronim dari Tiada Hari Tanpa Pengembangan Kompetensi.

Gerakan ‘ASN Dahar Ngopi’ sendiri adalah sebuah gerakan pengembangan kompetensi yang diselenggarakan BPSDM Provinsi Jawa Timur  mulai senen sampai Jum’at dengan beragam menu pembelajaran  melalui berbagai kanal digital. “Ini juga wujud dari komitmen Pemprov Jatim untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi para ASN. Jadi ‘ASN Dahar Ngopi’ itu melengkapi program ASN Belajar,” jelas Pj. Gubernur Adhy.

Gerakan ASN Dahar Ngopi setiap harinya akan menyajikan kompetensi berbeda yang dikembangkan. Hari Senin, forum ASN berbagi ilmu atau knowledge sharing forum, wadah berbagi praktek pelaksanaan tugas dalam rangka percepatan replikasi kinera unggul ASN.

Kemudian Selasa, forum ASN bertanya, BPSDM menjawab, merupakan program tanya-jawab tentang topik-topik terkini yang terkait dengan pengembangan kompetensi bagi ASN seluruh nusantara melalui media sosial BPSDM Jawa Timur. Lalu pada hari Rabu ada ASN mengaji, sebuah upaya membangun kesalehan sosial ASN untuk mengembangkan wawasan spiritual dengan topik-topik aktual keislaman yang terkait dengan kehidupan keseharian seorang ASN. “ASN mengaji juga digemari, sampai Februari tahun 2024 ini telah menjangkau 11.905 penonton dari 15 seri yang sudah dijalankan,” jelas Pj. Gubernur Adhy.

Sementara pada hari Kamis ada ASN belajar yang merupakan program unggulan BPSDM Provinsi Jawa Timur sebagai wahana pengembangan kompetensi Manajerial, Teknis, Fungsional dan Sosial Kultural dengan topik-topik yang aktual sesuai dengan perkembangan mutakhir.

Pada hari Jumat ada ASN sehat dan bugar, sarana pengembangan wawasan bagi ASN untuk meningkatkan perilaku hidup sehat dan bugar.”Lengkap dari Senin sampai Jumat semua ada kesempatan untuk mengembangkan kompetensi bagi ASN kita dan sangat boleh diikuti oleh ASN seluruh Indonesia,” katanya.

“Saya rasa program-program yang baik dari BPSDM Jatim ini benar-benar bisa memfasilitasi ASN Jatim dan seluruh ASN di Indonesia untuk menjadi ASN yang unggul dan berkualitas,” pungkasnya. (red)

 

banner 1000x130
banner 1000x130 banner 1000x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1000x130
id_IDIndonesian
Powered by TranslatePress