banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000

Hidangan 9 Raja Nusantara Temani Anda Berbuka Puasa di Vasa Hotel Surabaya

banner 2500x130 banner 1000x130

Surabaya | nusantarajayanews.id Bulan suci Ramadan adalah bulan yang paling dinanti umat Muslim dari segala belahan dunia. Mengangkat core value dari hotel Vasa Surabaya sendiri yang merupakan hotel asli karya Anak Bangsa, Ramadan kali ini manajemen mengusung tema ‘9 Nusantara Wonders’ yang diluncurkan saat acara Kickoff Ramadan pada Senin (4/3).

Terinspirasi dari keanekaragaman budaya dan kuliner khas kerajaan Nusantara, hotel Vasa mengajak para tamu untuk menikmati hidangan yang biasa dinikmati oleh para raja-raja Nusantara. Adapun 9 Kerajaan yang diangkat sebagai menu berbuka puasa kali ini, adalah kerajaan Islam yang Berjaya pada masanya, serta ada juga yang masih berdiri hingga saat ini.

banner 1000x130

Dimulai dari kerajaan yang terletak paling ujung barat peta Indonesia, Samudra Pasai, yang khas dengan Mie Kepiting Acehnya. Lalu ada Rendang Daging, yang menurut tradisi di Minangkabau biasanya disajikan ketika perayaan adat seperti kenduri, menyambut tamu kehormatan, berbagai acara adat Minang, dan lain sebagainya. Bergeser sedikit ke bawah, ada kerajaan Lampung dengan Ikan Baung Lampungnya, olahan ikan dengan kuah hangat yang berwarna kuning atau bening.

Menyebrangi laut jawa ke pulau selanjutnya, ada Pecak Ikan Betawi yang merupakan hidangan khas dari Kesultanan Banten. Masih di pulau yang sama, ada Kesultanan Jogja dengan menu Gudeg, Krecek, Opor Ayam, dan Santan Areh yang sering kali menjadi bagian dari acara-acara istimewa kerajaan.

Bergeser ke timur, ada kerajaan Demak dengan soto Kudus yang menjadi hidangan favorit raja, kemudian ada kerajaan Majapahit dengan rawon ngulingnya yang merupakan hidangan khusus acara istimewa kerajaan. Salah satu hidangan istimewa adalah Kambing Bakar, yang diolah dengan rempah-rempah nusantara, konon katanya menjadi salah satu lambang kemakmuran Tanah Jawa, dahulu kala digunakan oleh para Raja untuk menjamu tamu kehormatannya.

Melintasi laut Bali menuju ke Kesultanan NTB, terdapat hidangan Ayam Taliwang yang menyimpan sejarah perdamaian melalui citarasanya, Kerajaan Selaparang dan Karangasem yang awalnya berperang, namun dengan hadirnya kerajaan Taliwang sebagai penengah, kemudian menyajikan Ayam Taliwang sebagai pendekatan diplomasi ke Raja Karangasem, tak disangka Raja Karangasem menyukainya, kemudian terciptalah perdamaian tersebut.

Berpindah ke pulau Sulawesi yang memiliki Coto Makassar sebagai menu jawaranya, menu yang sering dihidangkan untuk raja-raja yang ada di Makassar khusus upacara Adat. Kemudian menyebrang pulau melintasi selat Makassar menuju pulau Kalimantan, ada Kesultanan Banjar yang memiliki hidangan khas Soto Banjar, yang konon katanya soto ini dibawa oleh tentara Demak pada saat memberikan bantuan kepada kesultanan Banjar.

Selain menu khas Nusantara, 209 Dining juga menghadirkan beragam makanan lainnya seperti Nasi Briyani, Lamb Leg, Shawarma, Pecking Duck, Chicken Kofta, Lamb Shish, Nasi Kebuli dan masih banyak lagi hidangan lainnya.

All you can eat Ramadan Buffet ini dapat dinikmati mulai dari Rp299,000,-nett/orang, selain itu Hotel Vasa juga menawarkan paket Hampers mulai dari Rp889,000,-nett/box dan paket menginap mulai dari Rp1,209,000,-/malam. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, sebagian hasil penjualan dari paket berbuka puasa ini akan disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Roberto Kotambunan, Cluster General Manager Tanly Hospitality mengungkapkan “Makanan khas raja-raja Nusantara mencerminkan kekayaan budaya setiap kerajaan. Ini tidak hanya tentang rasa, tetapi juga menggambarkan sejarah, tradisi, dan kebiasaan masyarakat setempat. Makanan menjadi bagian integral dari identitas budaya. “

“Saya sangat bangga mempersembahkan menu terbaik dari 9 Kerajaan Nusantara di 209 Dining. Setiap hidangan adalah karya seni kuliner yang memaparkan kekayaan cita rasa Nusantara. Di 209, kami tidak hanya tentang makanan, tetapi juga sebuah perjalanan rasa melintasi keberagaman kuliner Indonesia.” – tutur Mega Tarina, Cluster Assistant Director of Marketing Communications. (red)

banner 1000x130
banner 1000x130 banner 1000x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1000x130
id_IDIndonesian
Powered by TranslatePress