banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000
Berita  

Malam ke-23 Ramadhan (Qiyamul Lail), 15 Ribu Jemaah Padati Masjid Al-Akbar Surabaya

banner 2500x130 banner 1000x130

Surabaya |nusantarajayanews.id – Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dipadati sekitar 15 ribu jemaah yang mengerjakan qiyamul lail pada malam ke-23 Ramadan pada Rabu (3/4/2024) dini hari untuk menggapai Lailatul Qadar.

Pantauan suarasurabaya.net ribuan jemaah yang hadir sudah memadati Masjid Al-Akbar Surabaya sejak Salat Tarawih dan melanjutkan qiyamul lail.

banner 1000x130

Helmy M Noor Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya mengatakan, qiyamul lail malam ke-23 lebih ramai dibanding malam ke-21 kemarin.

“Malam ini diperkirakan ada 15 ribu jemaah yang mengikuti qiyamul lail,” ucap waktu ditemui di Masjid Al-Akbar Surabaya.

Menurut perkiraannya, 10 hari terakhir Ramadan tahun ini lebih ramai daripada Ramadan tahun 2023 sebelumnya. Helmy menyebut, jemaah yang memadati masjid di malam ke-23 Ramadan ini juga didominasi oleh anak muda.

“Tahun ini juga sangat didominasi oleh anak-anak muda,” katanya.

Antusiasme anak muda untuk beribadah ke masjid nasional ini juga ditengarai adanya daya tarik terhadap konsep Ramadan yang berbeda tiap tahunnya di Masjid Al-Akbar.

Misalnya, pada momen qiyamul lail ini, pengurus Masjid Al-Akbar turut memamerkan Alquran berukuran besar di pintu masuk utama masjid.

“Ya, itu wakaf dari orang untuk dipajang di masjid. Kita pamerkan di qiyamul lail untuk menarik minat masyarakat juga,” ujarnya.

Kata Helmy,  Alquran berukuran 110 sentimeter, lebar 180 sentimeter dan berisi 121 lembar serta bobot 25 kilogram itu menggambarkan agar anak-anak muda yang semakin giat belajar dan membaca Alquran.

“Buat motivasi saja, orang dulu menulis Alquran berukuran segitu besarnya pakai tangan bisa, masa anak sekarang tinggal baca dan belajar masih malas-malasan,” paparnya.

Di lokasi yang sama, Reza Nizar Maulana salah satu jemaah yang mengikuti qiyamul lail mengatakan, jika di Masjid Al-Akbar selalu menyiapkan tema berbeda di setiap bulan Ramadan.

“Sangat nyaman dan konsepnya selalu bisa menarik masyrakat untuk mengikuti salat malam disini,” katanya.

Reza juga menjelaskan jika qiyamul lail di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya sangat nyaman sehingga seluruh kalangan tidak perlu khawatir untuk mengikuti qiyamul lail di Masjid Al Akbar.

“Penataannya sangat bagus, tidak bikin sumpek juga. Yang terpenting salat malam disini tidak lama dan tidak cepat juga, jadi bisa merasakan keberkahan qiyamul lail,” tandasnya.(red)

banner 1000x130
banner 1000x130 banner 1000x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1000x130
id_IDIndonesian
Powered by TranslatePress