banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000
TNI  

Asa I Wayan Ranis Terwujud Berkat TMMD ke-120 Kodim 1626/Bangli

banner 2500x130 banner 1000x130

Bangli |Nusantara Jaya News – Asa I Wayan Ranis, warga Desa Tiga, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, untuk memiliki rumah layak huni akhirnya terwujud. Berkat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1626/Bangli, rumah miliknya kini telah direhab. Program TMMD ini menjadi salah satu bentuk sinergi antara TNI dengan pemerintah daerah dan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga desa.

I Wayan Ranis, warga Desa Tiga dengan penghasilan pas-pasan, selama bertahun-tahun tinggal di rumah yang sangat memprihatinkan kondisinya. Rumahnya, yang terbuat dari batako sudah lama mengalami kerusakan di sana-sini. Atap yang bocor, dinding yang retak, dan lantai yang tidak rata menjadi pemandangan sehari-hari bagi keluarga I Wayan Ranis.

“Saya tidak pernah menyangka bisa memiliki rumah yang layak seperti ini,” ujar I Wayan Ranis dengan mata berkaca-kaca. “Bertahun-tahun kami hidup dalam kondisi rumah yang tidak layak, bahkan untuk memperbaikinya pun kami kesulitan karena keterbatasan biaya.”

Program TMMD ke-120 Kodim 1626/Bangli difokuskan pada pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur desa, termasuk rumah warga yang tidak layak huni. Program ini melibatkan Satgas TMMD yang terdiri dari prajurit TNI, serta partisipasi aktif dari masyarakat setempat.

Komandan Satgas TMMD ke 120 Kodim 1626/Bangli, Letkol Kav I Ketut Artha Negara, S.H., M.I.P, menjelaskan bahwa TMMD merupakan salah satu upaya TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di pedesaan. “Program ini tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga pemberdayaan masyarakat agar mereka memiliki semangat gotong-royong dan kemandirian,” ujarnya.

Rehabilitasi rumah I Wayan Ranis dimulai dengan pengecekan kondisi awal rumah oleh tim Satgas TMMD untuk mengidentifikasi kebutuhan dan prioritas perbaikan. Setelah survei, material dan peralatan segera didatangkan ke lokasi. Dalam waktu kurang dari satu bulan, diharapkan rumah I Wayan Ranis yang semula hanya berdinding batako dan atap yang rapuh, dapat berdiri kokoh dengan dinding beton dan atap genteng yang tahan bocor.

Tidak hanya keluarga I Wayan Ranis yang merasakan manfaat dari TMMD ke-120 ini. infrastruktur desa seperti jalan dan fasilitas umum turut dibangun dan diperbaiki. Masyarakat desa merasa program ini sangat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka.

TMMD ke-120 Kodim 1626/Bangli ini merupakan bukti nyata peran aktif TNI dalam membantu masyarakat. Melalui kegiatan ini, TNI tidak hanya menunjukkan kepedulian sosial, tetapi juga mempererat hubungan dengan masyarakat untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat. Keberadaan TNI di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam pembangunan desa mereka.

Letkol Kav I Ketut Artha menambahkan, “Kami akan terus berupaya melaksanakan program-program seperti ini di masa mendatang. TNI selalu siap membantu masyarakat dan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di daerah-daerah yang membutuhkan.”

Dengan adanya rumah baru yang layak huni, I Wayan Ranis dan keluarganya kini memiliki harapan baru untuk masa depan yang lebih baik. Mereka tidak lagi khawatir akan kondisi rumah yang rusak atau bocor saat hujan.

“Ini adalah awal yang baru bagi kami,” kata I Wayan Ranis. “Saya berharap program ini bisa terus berlanjut dan membantu lebih banyak keluarga yang membutuhkan. Terima kasih kepada TNI dan semua pihak yang terlibat dalam TMMD ini. Kebaikan mereka tidak akan pernah kami lupakan.” (SKD)

banner 300x100 banner 1000x130
banner 970x250 banner 1000x130
banner 1000x130