banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000

Melebih HET, Harga Pupuk Subsidi Menjerit Petani di Kabupaten Deli Serdang

banner 2500x130 banner 1000x130

Deli Serdang | Nusantarajayanews.id – Gawat, Harga pupuk subsidi Urea dan Ponska melebihi harga yang ditetapkan Pemerintah di Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatra Utara.

Naiknya harga pupuk bersubsidi melampaui harga yang ditetapkan pemerintah tersebut dialami para warga petani di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatra Utara.

Menurut keterangan salah seorang petani, yang juga merupakan anggota salah satu kelompok tani inisial MT kepada awak media di lokasi lahan pertanian miliknya, di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang mengatakan

“Kami membeli pupuk subsidi Urea seharga Rp 135 ribu dan Phonska Rp.145 per zak dari kios pupuk, dan itu pun jumlahnya sudah di kurangi, yang biasanya 12 zak per enam bulan sekarang menjadi 10 zak per enam bulan, alasannya kios pupuknya mendapatkan pengurangan jatah dari pemerintah” katanya dalam keterangan diterima redaksi, Senin (27/5).

MT mengatakan kepada awak media, mereka membeli pupuk tersebut di kios pupuk yang beralamat di jalan binjai KM 10,5 Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatra Utara.

Padahal Pemerintah telah menetapkan harga pupuk subsidi Urea Rp.112 ribu per zak dan Phonska Rp 115 per zak, tetapi kenyataan di lapangan kios pupuk selalu menaikkan harga diatas harga yang ditetapkan pemerintah.

Menurut wawancara yang di lakukan awak media kepada salah seorang pemilik kios pupuk yang dimaksud MT yang beralamat di Jl Binjai KM 10,5 tentang harga penjualan pupuk bersubsidi melebihi harga yang ditetapkan pemerintah kepada petani.

Pemilik kios mengakui menaikkan harga pupuk subsidi dengan alasan

“Untuk biaya operasional seperti, biaya transportasi dan ongkos pekerja untuk membawa pupuk tersebut kepada para petani” Ucapnya.

Pada kesempatan lain awak media mempertanyakan, perihal kenaikan tersebut kepada salah seorang Tokoh Masyarakat Sumatera Utara yang peduli terhadap nasib para petani, Burju Simatupang ST.SH. yang juga merupakan Ketua DPD SPRI SUMUT ( Serikat Pers Republik Indonesia) mengatakan,

“Kami akan menindak lanjuti keterangan kenaikan harga pupuk tersebut dengan mempertanyakan langsung kepada Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang dan Aparat terkait” ucapnya.

Burju meminta agar pemerintah dan aparat terkait untuk meninjau langsung harga pupuk subsidi yang diberikan pengusaha kios pupuk kepada para petani, kenaikan harga pupuk subsidi yang sangat tinggi akan sangat memberatkan dan merugikan petani di Kabupaten Deli Serdang. (Septian/red).

banner 300x100 banner 1000x130
banner 970x250 banner 1000x130
banner 1000x130