banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000
Polri  

Polres Pelabuhan Tanjung Perak Terima Penghargaan dari Kapolda Jatim kategori Kemitraan Terbaik

banner 2500x130 banner 1000x130

Surabaya |Nusantara Jaya News – Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya kembali menorehkan prestasi dengan menerima penghargaan dari Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs Imam Sugianto,M.Si.

Penghargaan ini diberikan atas kategori “Kemitraan Terbaik Tipe B Lomba Pos Pelayanan dan Pengamanan/Terpadu Dalam Rangka Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024″.

Penghargaan tersebut berikan langsung kepada Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP William Cornelis Tanasale dalam rangkaian kegiatan Analisis dan Evaluasi (Anev) Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) Tahun 2024, serta kesiapan Operasi Mantab Praja Semeru Tahun 2024 yang dihelat di Ballroom Giri Loka Aston Gresik, Senin (3/6/2024).

Kapolres Tanjung Perak AKBP William Cornelis Tanasale menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan.

“Pencapaian ini menjadi motivasi bagi Polres Pelabuhan Tanjung Perak untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, ” kata kapolres melalui Kasi Humas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Iptu Suroto, Selasa (4/6/2024).

Seperti diketahui kegiatan anev Sitkamtibmas Tahun 2024, serta kesiapan Operasi Mantab Praja Semeru Tahun 2024 dipimpin dan dibuka oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs Imam Sugianto,M.Si tersebut diikuti seluruh Polres/tabes/ta yang ada di jajaran Polda Jatim.

Pada kegiatan itu, masing-masing Satuan Kerja (satker) diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil analisa selama bulan Maret sampai Mei tahun 2024.

Dalam sambutannya, Kapolda mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim dan Kapolres yang telah bekerja dengan baik, sehingga situasi kamtibmas di Jatim kondusif.

“Saya ucapkan Terima kasih kepada para Kasatker dan Kasatwil jajaran serta seluruh personel Polda Jatim atas pelaksanaan tugas kamtibmas secara optimal pada bulan Maret sampai Mei 2024,”ungkap Irjen Pol Imam Sugianto, saat membuka anev sitkamtibmas di Gresik.

Menurut Kapolda Jatim, secara umum di Jawa Timur mulai Januari hingga Mei 2024 kondusifitas dapat terjaga dengan penurunan angka kriminalitas dibandingkan tahun 2023.

“Beberapa kegiatan pengamanan yang dilaksanakan oleh seluruh anggota Polda Jatim dan Polres yang ada di jajaran seperti pelaksanaan penetapan hasil pemilu bisa berjalan aman dan kondusif,” ungkap Irjen Imam.

Selain itu Kapolda Jatim menyebutkan, bahwa hasil survey indikator Indonesia merilis tingkat kepuasan masyarakat pelaksanaan kegiatan mudik lebaran 2024 dimana hasilnya menunjukkan 94,4 persen pemudik menyatakan puas.

Angka tersebut mencakup kinerja Polri dimana publik menilai positif kinerja polri selama penyelenggaraan 2024, hasil survey menunjukkan 86,5 persen merasakan anggota Polri membantu kelancaran perjalanan menuju ke kampung halaman.

Hal itu lanjut Kapolda Jatim dapat dijadikan motivasi Polda Jawa Timur untuk terus berupaya menjaga kepercayaan public terhadap kinerja Polri dalam hal ini Polda Jawa Timur.

“Ini terus kita gelorakan dalam pelaksanaan tugas tugas yang lain sehingga kita bisa memelihara kepercayaan publik,” tutur Irjen Imam Sugianto.

Kapolda Jatim juga menerangkan bahwa pada beberapa bulan kedepan memasuki tahapan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 dalam rangka pengamanan Pilkada tahun 2024 di Jawa Timur.

Kapolda Jatim mengingatkan, menjelang Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 diprediksi akan berdampak pada perubahan situasi kamtibmas yang cepat dan dinamis dan tidak terduga.

Terkait Indeks potensi kerawanan Pilkada tahun 2024 tahap I periode April 2024 Polda Jatim mencatat terdapat enam kabupaten/ kota yang masuk sangat rawan.

“Saya minta Dirintelkam beserta jajaran dan unsur forkopimda yang ada di provinsi kabupaten atau kota konsolidasikan buat update pemetaan kerawanan terbaru sehingga bisa antisipasi kejadian kejadian kedepan,” tambah Irjen Imam.

Dalam Anev tersebut Kapolda Jatim juga menekankan Zero accident dan zero insident dalam kegiatan suran agung .

Kapolda Jatim juga menekankan dan tetap menjunjung tinggi netralitas anggota Polri pada Pilkada 2024 nanti meskipun akan ada beberapa calon kepala daerah yang berasal dari purnawirawan.

Kapolda Jatim meminta kepada para Kapolres agar lebih aktif berkomunikasi dengan TPID (tim pengendali inflasi daerah) untuk menurunkan inflasi di wilayah masing masing.

“Agar menyiapkan rencana kontijensi untuk situasi darurat guna memastikan kesiapsiagaan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan meningkatkan kinerja dan pelayanan.”tutup Kapolda Jatim.(Red)

banner 300x100 banner 1000x130
banner 970x250 banner 1000x130
banner 1000x130