banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000
PLN  

Hari Lingkungan Hidup 2024, PLN UIP JBTB Adakan Program Green Involvement

Bersih - Bersih Sungai Muara Baros, Kab. Bantul, Yogyakarta.(foto: Doc/ist)
banner 2500x130 banner 2500x130 banner 1000x130

Yogyakarta, Nusantara Jaya News –  Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup, PT PLN (Persero) UIP JBTB menggelar Employee Green Involvement 2024 bertepatan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Internasional pada 5 Juni 2024. Kegiatan bersih-bersih sungai ini dilaksanakan di Sungai Muara Baros, Baros, Kel. Tirtohargo, Kec. Kretek, Kab. Bantul, Yogyakarta.

Program Employee Green Involvement 2024 merupakan penugasan TJSL tambahan dari PLN Kantor Pusat kepada seluruh unit PLN di Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak dalam dua kloter, yaitu pada 3 dan 5 Juni 2024, dengan fokus utama pada pembersihan dan pengolahan sampah di kawasan yang banyak timbunan sampah seperti sungai, pesisir, pantai, atau lokasi lainnya yang membutuhkan pembersihan.

Di Lingkungan PT PLN (Persero) UIP JBTB, program ini dilaksanakan di area PLN Unit Pelaksana Proyek JBTB 1 Yogyakarta, bekerja sama dengan Keluarga Pemuda Pemudi Baros (KP2B) dan warga sekitar.

Kegiatan bersih-bersih sampah di sepanjang Sungai Muara Baros juga dihadiri oleh Manager UPP JBTB 1, Wahyu Kurniawan, serta Kepala Kelurahan Tirtohargo dan Kepala Dusun Baros.

Senior Manager Perencanaan, selaku PLH General Manager PT PLN (Persero) UIP JBTB, I Wayan Semudiarsa, menyatakan bahwa dalam kegiatan ini, PLN UIP JBTB tidak hanya memberikan bantuan pembinaan kepada warga sekitar, tetapi juga menyediakan perlengkapan bersih-bersih Sungai Muara Baros dan tempat pemilahan sampah.

“Employee Green Involvement 2024 ini merupakan bentuk partisipasi PLN dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Internasional,” jelas I Wayan.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini adalah wujud nyata keterlibatan pegawai dalam program kepedulian sosial serta usaha nyata PT PLN (Persero) dalam mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 12, yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.

Manager UPP JBTB 1, Wahyu Kurniawan, menyatakan bahwa berkat sinergitas dan kolaborasi yang baik antara PLN, kolaborator, stakeholder terkait, dan warga Baros, kegiatan membersihkan, mengumpulkan, memilah, dan mendistribusikan sampah ke bank sampah hingga pengolahan sampah menjadi barang bernilai tinggi dapat terlaksana dengan baik.

Ketua Keluarga Pemuda Pemudi Baros (KP2B), Sidiq Muhammad Nur Cholis, mengatakan bahwa bantuan pembuatan tempat pemilahan sampah oleh PLN UIP JBTB sangat membantu proses pemilahan sampah, terutama sampah bernilai seperti batang dan ranting pohon yang terbawa arus balik dari pantai ke muara Sungai Baros.

“Limbah organik atau sampah kayu di Muara Sungai Baros adalah bahan baku utama bagi masyarakat kami untuk memproduksi kerajinan kayu seperti pohon natal beserta hiasannya yang penjualannya sudah skala ekspor,” lanjut Sidiq.

Dengan adanya program Employee Green Involvement 2024 dari PLN, semakin mengedukasi dan memotivasi kami untuk melakukan kegiatan pembersihan sungai dan merawat kelestarian alam sekitar,” tutup Sidiq.

banner 300x100 banner 1000x130
banner 2500x130 banner 1000x130
banner 1000x130 banner 2500x130