banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000

William Soroti SDM sebagai Pendorong Utama Hilirisasi

Pemaparan Strategis tentang Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan di Indonesia.

banner 2500x130 banner 2500x130 banner 1000x130

Jakarta, Nusantara Jaya News –  Dalam talkshow GAMKI bertajuk “Pemuda Bicara Hilirisasi” yang diadakan melalui Zoom meeting pada 14 Juni 2024 lalu, William Sabandar menyoroti pentingnya investasi Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai kunci keberhasilan hilirisasi nasional. William menjelaskan tiga poin utama dalam mencapai hilirisasi nasional, yakni pentingnya hilirisasi di Indonesia, investasi SDM sebagai kunci keberhasilan hilirisasi, dan investasi SDM dalam industri, khususnya di MRT Jakarta.

William mengatakan bahwa hilirisasi memiliki peran penting dalam meningkatkan nilai tambah produk domestik.

“Dengan melakukan hilirisasi, Indonesia dapat. Yaitu, Meningkatkan Nilai Tambah, Diversifikasi Ekonomi,

penciptaan Lapangan Kerja, Peningkatan Daya Saing Global, Transfer Teknologi dan Inovasi, Pengembangan Rantai Pasok, dan Keamanan Energi,” kata Wiliam saat memaparkan di depan peserta acara Talkshow GAMKI melalui zoom meeting.

William mengungkapkan bahwa Investasi dalam bidang kesehatan dan pendidikan menjadi dua poin utama yang disoroti oleh Sabandar sebagai kunci keberhasilan hilirisasi di Indonesia.

“Investasi Bidang Kesehatan adalah Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat akan berujung pada produktivitas yang lebih tinggi. Tenaga kerja yang sehat mampu bekerja dengan lebih efektif dan efisien,” ucap William.

“Investasi Bidang Pendidikan. Pendidikan berkualitas menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan inovatif. Dengan investasi pendidikan yang tepat, Indonesia dapat mencetak SDM yang siap menghadapi tantangan industri hilirisasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, kata William, Sebagai contoh konkret, Sabandar mengangkat keberhasilan investasi SDM dalam proyek MRT Jakarta. Menurutnya, pembangunan dan pengoperasian MRT Jakarta melibatkan berbagai pelatihan dan pendidikan bagi tenaga kerja lokal, sehingga mereka mampu menguasai teknologi dan operasional yang canggih.

“Hasilnya, MRT Jakarta tidak hanya berfungsi sebagai moda transportasi modern tetapi juga sebagai simbol keberhasilan investasi SDM dalam industri,” imbuh dia.

“Investasi SDM di MRT Jakarta menunjukkan bahwa dengan pendidikan dan pelatihan yang tepat, Indonesia dapat menciptakan tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing di industri global,” imbuhnya.

William mengatakan, Investasi SDM adalah kunci utama untuk mencapai hilirisasi nasional. Dengan fokus pada kesehatan dan pendidikan, Indonesia dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerjanya, sehingga mampu mendukung proses hilirisasi yang lebih efektif dan berkelanjutan.

“Contoh sukses dari MRT Jakarta menunjukkan betapa pentingnya investasi SDM dalam menciptakan industri yang maju dan kompetitif,” pungkasnya.

banner 300x100 banner 1000x130
banner 2500x130 banner 1000x130
banner 1000x130 banner 2500x130