banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000

Kegiatan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih di Desa Pugu pada Pilkada: Fondasi Demokrasi yang Berharga

banner 2500x130 banner 2500x130 banner 1000x130

Oleh. Atiqah Revalina, M.Pd

Desa Pugu, seperti banyak desa lainnya di Indonesia merupakan cerminan dari semangat demokrasi lokal. Desa pugu merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Air Hangat Barat yang terdiri dari 12 desa. Dimana desa pugu memiliki jumlah penduduk dan pemilih yang dominan dibandingkan desa lainnya, hal ini dilihat dari pesta demokrasi pemilu 2024 februari yang lalu, terdapat 1062 jumlah pemilih.

Di balik Pemilu yang sukses ada panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP/Pantarlih) yang bekerja keras memastikan bahwa setiap warga memiliki kesempatan yang adil untuk menggunakan hak pilih mereka, begitupun dengan Pilkada. Pemilihan kepala daerah (Pilkada) merupakan salah satu tonggak penting dalam sistem demokrasi Indonesia. Melalui Pilkada, masyarakat memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin yang akan membawa perubahan positif bagi daerah mereka.

Termasuk di Desa Pugu, kegiatan PPDP menjadi fondasi demokrasi yang berharga dan krusial bagi kelancaran proses Pilkada. Sejak PPDP dilantik pada hari Senin tanggal 24 Juni 2024, oleh Ketua PPS yakni Rivaldo Erehandri dilakukan pengambilan sumpah dan penandatangan fakta integritas dan ikut dihadiri oleh PKD sehingga PPDP/Pantarlih telah mensetujui kewajiban yang mesti harus ditunaikan dalam pelaksanaan kerja pantarlih. Dihari yang sama PPDP juga melakukan apel siaga dan bimbingan teknis secara serentak sekecamatan Air Hangat Barat oleh PPK.

Adapun di desa Pugu, PPDP/Pantarlih berjumlah 4 orang dan jumlah TPS 2 sehingga dalam pelaksanaan pencoklitan 1 TPS ada 2 pantarlih yang bertanggung jawab dengan data pemilih. Setelah dilantik, Pantarlih desa pugu langsung melakukan koordinasi dengan kades dan staf desa pugu sebelum melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih hal ini merupakan sebagai salah satu kewajiban yang harus dilakukan pantarlih untuk mencegah hal-hal negatif yang mungkin berpotensi terjadi di lapangan sekaligus juga untuk mendapatkan dukungan dan arahan.

PPDP Desa Pugu dalam melaksanakan perannya; Membantu KPU kabupaten, panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih. Melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih, dalam coklit ini pantarlih desa pugu sewaktu-waktu juga didampingi oleh PPS serta PPK, PKD dan Panwascam.

Setelah pencoklitan, PPDP memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih kemudian melakukan pemasangan stiker. Tentunya setelah beberapa rangkaian kegiatan dilakukan, pantarlih desa pugu menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh PPS sesuai arahan dari PPK, KPU dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

PPDP di Desa Pugu memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam menyusun dan memperbarui daftar pemilih tetap (DPT). Tugas mereka ada beberapa hal tersebut. Diantaranya adalah, pendataan pemilih baru, mengidentifikasi dan mencatat warga yang baru memenuhi syarat sebagai pemilih, termasuk pemuda yang baru berusia 17 tahun dan pendatang baru di desa. Penghapusan pemilih tidak valid, menghapus data pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, seperti mereka yang telah meninggal dunia atau pindah dari desa.

Verifikasi dan validasi data: memastikan keakuratan data pemilih yang sudah ada, memperbaiki kesalahan penulisan nama, alamat, dan informasi lainnya. Adanya PPDP/Pantarlih memiliki dampak positif dari pemutakhiran data pemilih yang akurat. Pertama, meningkatkan partisipasi pemilih, dengan data pemilih yang akurat, setiap warga yang berhak bisa dipastikan terdaftar dan dapat menggunakan hak pilih mereka.

Ini meningkatkan partisipasi dalam Pilkada. Kedua, mencegah kecurangan, data pemilih yang tepat dan mutakhir mencegah berbagai bentuk kecurangan seperti pemilih ganda atau pemilih fiktif yang dapat merusak integritas hasil Pilkada. Ketiga, meningkatkan kepercayaan publik, proses yang transparan dan akurat dalam pemutakhiran data pemilih akan meningkatkan kepercayaan warga terhadap penyelenggara Pilkada dan proses demokrasi secara keseluruhan.

Dengan demikian dalam penulisan ini, penulis menyimpulkan bahwa kegiatan pemutakhiran data pemilih oleh PPDP di Desa Pugu adalah fondasi penting bagi demokrasi yang sehat dan berfungsi dengan baik. Mereka yang terjun langsung ke lapangan door to door tentunya menghadapi berbagai tantangan, kerja keras dan dedikasi mereka memastikan bahwa setiap suara warga dihitung dan dihargai.

Oleh karena itu, dukungan dan penghargaan dari berbagai pihak sangatlah penting. Melalui kerja sama dan partisipasi aktif, kita bisa memastikan bahwa Pilkada berjalan dengan jujur, adil, dan transparan, mencerminkan kehendak rakyat yang sesungguhnya. Panitia Pemutakhiran Data Pemilih di Desa Pugu adalah pilar demokrasi yang p setiap warga memiliki suara, dan suara mereka adalah masa depan kita.

*Penulis adalah Tenaga Pengajar MAN 1 sungai Penuh Jambi

banner 300x100 banner 1000x130
Writer: Atiqah RevalinaEditor: Syaiful Hidayat
banner 2500x130 banner 1000x130
banner 1000x130 banner 2500x130