banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000
Daerah  

MAKI Jatim Bersama Komnasdik Jatim dan H Baso Juherman: Komitmen Menangani Masalah Seragam Sekolah SMA/SMK di Jawa Timur

banner 2500x130 banner 2500x130 banner 1000x130

Surabaya|Nusantara Jaya News – Ketua KADIN Jatim, digelar pertemuan strategis yang melibatkan Ketua Forum Komunikasi Komite Sekolah SMA/SMK (FKKS) Jatim sekaligus Ketua Komnasdik Jatim, Ketua LSM MAKI (Masyarakat Anti Korupsi Indonesia) Koordinator Wilayah Provinsi Jawa Timur, dan H Baso Juherman sebagai Pemerhati Dunia Pendidikan Jawa Timur. Senin pagi, 8 Juli 2024

Pertemuan ini menjadi tonggak penting dalam upaya menangani permasalahan seragam sekolah untuk murid SMA/SMK se-Jawa Timur.

Pertemuan ini diadakan untuk membahas potensi masalah yang mungkin timbul terkait pembelian seragam sekolah pasca-PPDB 2024.

Mengingat pada tahun 2023 lalu, Gubernur Jawa Timur memberlakukan moratorium yang melarang koperasi sekolah untuk menjual seragam sebagai respons terhadap protes masyarakat mengenai tingginya harga seragam yang dijual koperasi sekolah, kini moratorium tersebut telah dicabut.

KADIN Jatim, sebagai pusat organisasi pengusaha di Jawa Timur, bersama FKKS Jatim dan MAKI Jatim berkomitmen untuk mengawal distribusi kain dan seragam sekolah dengan prinsip transparansi dan kualitas.

Dalam pertemuan ini, disepakati beberapa hal krusial:Harga Jual Kain dan Seragam: KADIN Jatim bersama mitra pengusaha akan memastikan harga kain dan seragam sekolah lebih rendah dari harga pasar.

Spesifikasi Seragam: Spesifikasi seragam akan diatur dengan ketat untuk memastikan kualitas yang memenuhi standar.

Garansi Produk: Vendor kain dan konveksi harus memberikan garansi atas kualitas seragam sekolah, termasuk perbaikan jika terjadi kerusakan akibat keadaan force majeure.

Merujuk pada Permendikbud Ristek Nomor 50 Tahun 2022, yang menyatakan bahwa pengadaan seragam sekolah adalah tanggung jawab wali murid dan dapat dibantu oleh pemerintah serta masyarakat, KADIN Jatim, FKKS Jatim, dan MAKI Jatim bertekad untuk memberikan solusi efektif dalam penyediaan seragam sekolah.

Sebagai bagian dari komitmen ini, KADIN Jatim akan memanfaatkan jaringan 38 kantor KADIN di Kota/Kabupaten se-Jawa Timur sebagai tempat penyimpanan dan distribusi seragam serta kain, untuk melayani 752 sekolah SMA/SMK negeri di seluruh Jawa Timur.

Dengan pendekatan kemitraan positif dan kolaborasi antara berbagai pihak, diharapkan solusi ini akan meminimalisir masalah yang ada serta menciptakan sistem distribusi seragam sekolah yang adil dan berkualitas untuk semua murid di Jawa Timur. (Red)

banner 300x100 banner 1000x130
banner 2500x130 banner 1000x130
banner 1000x130 banner 2500x130