banner 1000x130 **************************************** banner 1000x130 banner 2500x3000
KPK  

Kesadaran Antikorupsi dimulai dari Rumah

KPK Menggencarkan Program Keluarga Berintegritas untuk Mencegah Korupsi dari Akar

banner 2500x130 banner 2500x130 banner 1000x130

Surabaya, Nusantara Jaya News – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa lingkungan keluarga sering kali dijadikan tempat pencucian uang oleh para pelaku korupsi. Berdasarkan data KPK, banyak pelaku korupsi yang melibatkan anggota keluarga untuk melakukan tindak pidana korupsi melalui berbagai modus, seperti pengadaan barang dan jasa, perizinan, hingga sengketa pilkada.

Dari sisi hukum, tindakan korupsi yang melibatkan anggota keluarga tidak hanya merusak reputasi, tetapi juga bisa berujung pada konsekuensi hukum yang berat, seperti hukuman penjara, denda, dan pengucilan sosial. Pendidikan dan kesadaran sejak dini menjadi kunci dalam memberantas korupsi dari akar. Nilai-nilai kejujuran dan integritas harus diajarkan sejak dini kepada anak-anak.

Dapat dilansir dari laman resmi Instagram @official.kpk, Untuk mengatasi masalah ini, KPK melalui program “Keluarga Berintegritas” (KERTAS), Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat, mendorong terciptanya nilai-nilai antikorupsi dalam keluarga. Program ini bertujuan untuk menanamkan pendidikan antikorupsi dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Dengan program ini, KPK berharap dapat mencegah praktik korupsi dan memperkuat penindakan terhadap pelaku korupsi.

Sejumlah netizen turut memberikan komentar di Instagram resmi @official.kpk mengenai pentingnya pendidikan antikorupsi sejak dini. Akun Instagram @trisna_cb, pada Minggu (30/6/2024), berkomentar, “Mindset sejak kecil sih yak, gimana. Kan bapak-bapak di pemerintahan itu gak beda jauh dari kita rakyatnya (cerminan rakyat). Jadi kalau micro corrupt di kalangan bawah aja masih anggap ah sedikitnya buat bonus, kalangan atas pun gak beda jauh.”

Selain itu, akun @itsdevit07 menambahkan, “RUU Perampasan aset adalah kunci semuanya,” menyiratkan bahwa regulasi terkait perampasan aset koruptor menjadi solusi penting dalam pemberantasan korupsi.

Sementara itu, akun @cilepol memberikan pandangan kritis terhadap sistem pendidikan yang ada, “Nggak pengen masuk ke ranah dinas pendidikan min, sistemnya ngga seragam nasional, banyak jalurnya, Ama banyak masih manual input, sisa Kouta ntah kemana.”

KPK terus berupaya mengedukasi masyarakat mengenai bahaya korupsi dan pentingnya integritas melalui berbagai program dan kampanye. Diharapkan dengan adanya kesadaran dan peran aktif dari masyarakat, terutama keluarga, upaya pemberantasan korupsi dapat lebih efektif.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program “Keluarga Berintegritas” dan diskusi terkait korupsi, masyarakat dapat menyaksikan acara “Bincang di KPK” yang disiarkan melalui kanal YouTube KPK RI.

banner 300x100 banner 1000x130
banner 2500x130 banner 1000x130
banner 1000x130 banner 2500x130