Surabaya |Nusantara Jaya News — Memasuki hari ketujuh pascaliburan Idulfitri, aktivitas pelayanan di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Colombo, Surabaya, Jawa Timur, mengalami lonjakan signifikan. Terpantau sejak pagi, antrean pemohon SIM baru dan perpanjangan sudah memadati area layanan, dengan jumlah mencapai sekitar 300 orang.(14/4/25)
“Ya memang ada peningkatan sekitar 45 persen dibanding hari biasa,” tutur Kasubnit SIM Satpas Colombo, Iptu Erwandy saat ditemui di lokasi, Senin (14/04/2025).
Meningkatnya jumlah pemohon tidak menyurutkan semangat para petugas. Di lapangan terlihat Aiptu Didik aktif memberikan arahan kepada para pemohon SIM C. Ia dengan sabar menjelaskan langkah-langkah uji praktik dan menjamin pelayanan tetap mengedepankan prinsip humanis dan profesional.
“Kepuasan masyarakat adalah tolak ukur keberhasilan pelayanan kerja kami. Kami memang belum sempurna, tapi kami terus berusaha memberikan yang terbaik untuk para pemohon SIM,” ujar Aiptu Didik.
Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya menciptakan suasana yang tenang agar para pemohon dapat menjalani uji praktik dengan nyaman dan minim tekanan. “Kami terus memberikan pelayanan yang humanis dan menjaga kenyamanan pemohon, agar aduan bisa ditekan seminimal mungkin,” tambahnya.
Terkait Pos Pantau Uji Praktik SIM C, Kanit Regident Iptu Dyah Ayu Miranda melalui Iptu Erwandy turut menyampaikan imbauan penting. Ia meminta para pemohon SIM untuk santai dan fokus saat mendengarkan pengarahan dari petugas, terutama saat kondisi cuaca panas yang dapat mempengaruhi konsentrasi.
“Saat cuaca panas, pemohon harus bisa tetap rileks agar tidak terganggu konsentrasinya. Kami yakin, jika pemohon mengikuti arahan dengan baik, mereka bisa lolos dalam uji praktik,” jelas Iptu Erwandy.
Tak hanya itu, pihak Satpas Colombo juga mengingatkan masyarakat untuk tidak percaya pada praktik percaloan, termasuk yang menawarkan jasa melalui media sosial. Iptu Erwandy menegaskan bahwa proses pembuatan SIM di Satpas Colombo dilakukan secara transparan dan sesuai aturan yang berlaku.
“Datang langsung saja ke Satpas Colombo, tanyakan ke petugas kami. Jangan percaya pada calo. Soal biaya, semuanya mengacu pada PP Nomor 60 Tahun 2016 dan kami selalu bekerja dengan transparan,” tegasnya.
Dengan semangat pelayanan prima, para petugas Satpas SIM Colombo berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan demi mewujudkan kepuasan masyarakat dan menciptakan suasana yang kondusif dalam setiap tahapan pengurusan SIM.(red)