Sanur |Nusantara Jaya News – Kemajuan Information Technology (IT) termasuk Artificial Intelligence (AI) telah masuk ke seluruh lini kehidupan manusia. Kini, AI juga mulai merambah ke industri kecantikan Tanah Air.
Hal itu dapat dibuktikan dari kehadiran Vaseline Roboderm AI di Beautiverse. Beautiverse merupakan pameran industri kecantikan di The Meru Sanur, Bali Beach Convention Center, selama tiga hari (2-4 Mei 2025).
Vaseline Brand Lead, Melisa Caroline menjelaskan, Vaseline Roboderm AI adalah robot interaktif yang dapat memberikan rekomendasi produk skincare berdasarkan diagnosis kulit awal. Perangkat ini dilengkapi teknologi canggih untuk berinteraksi dengan pengunjung dan membantu menemukan produk yang sesuai.
“Kita mendatangkan langsung dari Jakarta dan pertama kali kami sajikan di Bali, yaitu di Beautiverse ini. Karena kami percaya, Beautiverse adalah salah satu event kecantikan terbaik di Indonesia, khususnya di Bali,” katanya kepada wartawan, di Sanur, Sabtu (3/5/2025).
Ditanya kelebihan perangkatnya, Melisa menjelaskan, robot berbasis Artificial Intelligence ini mampu mendeteksi berbagai karakter kulit. Bahkan basis data yang ditanamkan ke perangkat ini mencapai ribuan jenis kulit.
“Setelah dideteksi AI, kita akan mengolah hasil itu, untuk kemudian merekomendasikan produk kecantikan yang cocok dengan jenis dan karakteristik kulit konsumen,” jelasnya.
“Bahkan dengan foto yang ada, kami bisa memberikan solusi untuk keluhan atau masalah kulit yang dialami konsumen,” imbuhnya.
Melisa menambahkan, Vaseline akan terus mengeksplorasi fitur yang dimiliki. Khususnya pada event Beautiverse, pihaknya memperkenalkan fitur unggulan berupa AI Skin Check.
Bermodal kecanggihan itu, Vaseline Roboderm AI disebut mendapat respon positif dari masyarakat. Bahkan antrean selalu mengular ketika perangkatnya dihadirkan ke venue, termasuk di Beautiverse.
“Konsumen sampai rela menunggu, dan kita happy karena Vaseline Roboderm AI yang kita luncurkan sangat diterima masyarakat,” pungkasnya.
Kehadirannya sejalan dengan tujuan Beautiverse untuk menghadirkan potret industri kecantikan Tanah Air secara utuh. Semangat itu termasuk mewujudkan relasi Beautiverse sebagai platform “Futuristik Beauty”.
Pada event perdananya, Beautiverse mendapat dukungan penuh dari The Meru Sanur. Dukungan ini sejalan dengan komitmen untuk memajukan pariwisata kesehatan dan kebugaran di Bali.
The Meru Sanur, sebagai bagian dari Luxury Collection dari Injourney perusahaan milik negara di bawah Pemerintahan Indonesia bercita-cita menjadi destinasi unggulan di Bali yang menginspirasi pengalaman budaya autentik dan kesejahteraan holistik dengan mendefinisikan ulang pengalaman perhotelan serta kebugaran untuk menciptakan sebuah tempat penyembuhan yang berakar pada tradisi Bali.General Manager The Meru Sanur dan Bali Beach Hotel,
The Heritage Collection, Ed Brea menyampaikan, sebagai resor luxury wellness yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan pertama di Indonesia “The Sanur”, kolaborasi seperti ini adalah langkah nyata dalam membangun ekosistem health & wellness yang berkelanjutan.
“Merupakan suatu kehormatan bagi kami menjadi sponsor utama acara Beautiverse. Kami melihat Beautiverse bukan hanya sebuah acara, namun sebuah gerakan yang menyatukan pelaku industri, praktisi, dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat secara holistic baik secara fisik, mental, maupun spiritual, “tambahnya.
“Sejalan dengan komitmen dan nilai yang kami junjung berlandaskan filosofi Tri Hita Karana: keharmonisan antara manusia, alam, dan spiritualitas, baik dalam program wellness, pelayanan untuk tamu dan aktivasi untuk karyawan serta komunitas lokal. Kami berharap Bali dapat terus berkembang sebagai destinasi wellness kelas dunia, serta menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia dalam membangun pariwisata yang lebih sehat,”tutupnya.(Tik)